Berita & Kegiatan

Seminar Nasional Deklarasi Pemuda Membangun Negeri & Talk Show

Seminar-Nasional-Pemuda

Tema: “Mahakarya Pemuda dalam Kolaborasi Membangun Negeri”

KEYNOTE SPEAKERS

Prof. Dr. Ahmad Erani Y.
Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD)

Zulfikar Alimuddin
Founder SMIH

M. Kusnan
Founder Youth Care

Dody Mautana S.E., MT, M.Sc
Moderator

Ruly Achdiat
Profesional dibidang IT
CTS Director Indonesia, TIBCO Software

Rabu, 28 Oktober 2015
Gedung M. Djazman UMS (Surakarta)
Jalan A. Yani Tromol Pos 1, Surakarta

Mahasiswa 35k
Umum 50k
On the Spot 75k

Fasilitas

Materi (Goody Bag)
Sertifikat
Snack
Lunch Box

Cara Pendaftaran

Ketik SM28OKT#NAMA#ASAL INSTANSI
kirim ke 0857 2864 6018

Kirim ke Bank Mandiri. No Rek 138-00-1274630-6
a.n. Maudy Cindy (segera konfirmasi ke pihak panitia)

Workshop Inspiratif
3 Karya Terbaik Call for Paper dari Sub Tema:
– Leadership
– Social Entrepreneurship
– Social Empowerment
– Entrepreneurship
– Social Research
– Business Startup

28 Kisah Inspiratif
Pemuda Membangun Negeri

28 Kisah inspiratif dari naskah yang dikirim oleh pemuda-pemudi bangsa indonesia yang nantinya akan dijadikan buku yang berjudul “28 Kisah Inspiratif”

Event Seminar & Talkshow yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda serta Milad ke-3 Yayasan Semangat Membangun Indonesia Hebat (SMIH)

Spot Registrasi:
BEM Fakultas Teknik (UMS)
Note:Harap Membawa Bukti Transfer!!

Contact Person
Tami : 0857 2864 6018
Andre : 0852 2939 0372

Karya-Hebat-Pemuda

Bagi para Pemuda yang mempunyai karya nyata dan berniat untuk mendedikasikan karya bagi masyarakat Indonesia, segera daftarkan karya anda dalam event

28 Oktober

Sub Tema Karya Hebat
Social Enterpreneurship Entrepreneurship

Deadline Pengiriman (abstraksi/ringkasan paper) : 23 Oktober 2015
Pengumuman (abstraksi paper terbaik) (Event puncak) : 28 Oktober 2015
Event Puncak Seminar Deklarasi PMN : 28 Oktober 2015 (Audit M. Djazman UMS)

“Peserta lomba berhak mengikuti seminar Deklarasi Pemuda Membangun Negeri 28 Oktober 2015”

Tahapan Seleksi Call for Paper

Tahap 1
Peserta mengirimkan tulisan abstraksi paper 2 lembar ke panitia acara
Tahap 2
Pengumuman naskah abstraksi paper terbaik di event puncak (Seminar Deklarasi PMN)
Tahap 3
Bagi peserta yang masuk kualifikasi abstraksi terbaik, wajib mengirimkan paper full format penulisan ke panitia.

Fee Registrasi Rp. 100.000

Reward

Total Hadiah Uang Pembinaan
Rp. 48.000.000 + Sertifikat,-

Ketentuan Peserta & Lomba

  • Peserta hanya dapat mengirim 1 Karya Tulis
  • Peserta memilih salah satu sub tema yang di tawarkan
  • Diikuti oleh perorangan/kelompok (max 3 orang), mahasiswa dan umum
  • Ide dan gagasan dapat di implementasikan
    *Syarat dan ketentuan berlaku

Format Penulisan:

  • Judul Naskah, Profil ide, Latar belakang masalah, Ide solusi atas masalah, Dampak Positif, Hambatan & Tantangan Ide, Keberlanjutan implementasi ide)
  • Penulisan naskah maksimal 10 halaman (tidak termasuk lampiran), spasi 1,5 dengan huruf times new roman dan font-size 12.
  • Sub tema di tulis samping kanan atas.

Registrasi

Cara Pendaftaran:
ketik:karya28#nama#domisili#asal instansi
kirimke 0899 527 4970 (Sherly)

Biaya Pendaftaran
Kirim ke Bank Mandiri No. Rek 138-00-1274630-6
a.n. Maudy Cindy (segera konfirmasi ke pihak panitia)

Pengiriman Dokumen:
Subject:28okt#Sub Tema#Nama#Asal Instansi#Domisili.
kirim ke email: pemudapmn@gmail.com
lampirkan: scan bukti pembayaran, scan KTM/KTP.

Info lebih lanjut

Contact Person
089 952 749 70 (Sherly)
089 67348 0004 (Moudy)
Twitter @pmn_solo
Facebook Pemuda Membangun Negeri
www.smih.org

CIPANAS, 28 Oktober 2013. The New You Leadership Camp 2013 (TNY-LC) merupakan ajang berkumpul para pemuda yang memiliki jiwa kepemimpinan yang diformat dalam bentuk pelatihan dan kompetisi kepemimpinan dan kewirausahaan sosial. TNY-LC digagas oleh Zulfikar Alimuddin, Chairman The New You Institute, sebuah institusi yang bergerak di bidang pelatihan kepemimpinan dan kewirausahaan serta pengembangan pola pikir dengan konsep pengembangan potensi diri. Konsep pengembangan diri yang dibangun oleh TNYI adalah pengembangan diri setiap Insan dengan memasukkan kepentingan pembangunan masyarakat dan bangsa sejak awal dalam peta hidup mereka, bukan menunggu setelah mereka merasa sukses. Dalam penyelenggaraan acara ini The New You Institute bekerjasama dengan Yayasan Semangat Membangun Indonesia Hebat (SMIH), sebuah organisasi kewirausahaan sosial di Indonesia yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat dan pembangunan bangsa.

Acara ini berlangsung selama lima hari yaitu pada tanggal 24-28 Oktober 2013 di Villa Kota Bunga, Cipanas, Bogor. Peserta TNY-LC berjumlah 90 orang, yang berasal dari seluruh Indonesia (Medan, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Lampung, Jakarta, Tangerang, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Purwokerto, Surabaya, Jember, Mataram, Banjarmasin, Palangkaraya, dan Makassar).

TNY-LC bertujuan sebagai wadah pembinaan pemimpin-pemimpin muda Indonesia agar semakin bertambah kritis terhadap pemberdayaan masyarkat dan pembangunan bangsa, sehingga memiliki gairah untuk menghebatkan diri demi terwujudnya bangsa yang hebat. untuk itu, kegiatan ini diformat dalam bentuk pelatihan dan kompetisi skill kepemimpinan dan kewirausahaan yang berlandaskan pada konsep The New You, yaitu konsep pengembangan diri setiap Insan dengan memasukkan kepentingan pembangunan masyarakat dan bangsa sejak awal dalam peta hidup mereka, bukan menunggu setelah mereka merasa sukses.
Para peserta diberikan pelatihan kepemimpinan dan kewirausahaan dengan materi-materi seperti ultimate leadership, strategic leadereship, business canvas model, social business plan, studi kasus lapangan, hingga presentasi proposal of life (rangkaian rencana hidup dan visi hidup).

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian anugerah pemimpin muda, The New You Leadership Award, dan pemberian modal usaha bagi pemenang kompetisi Social Business Plan. Sebagai penerima anugerah leadership award 2013, juara pertama diraih Rasyid Ridho, mahasiswa asal Univesitas Jember. Selanjutnya juara kedua dan ketiga masing-masing diberikan kepada Dian Fatmawati, mahasiswa Universita AKI Semarang, dan Pratama Rachmat Wijaya asal Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sementara itu, pada kompetisi Social Business Plan dimenangi oleh tim mahasiswa asal Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Tim yang beranggotakan Dhi Fadlin, Roikhanatun Nafiah, dan Widya Mukti ini mengangkat tema “Pemanfaatan Ikan Rucah Menjadi Tepung Ikan Secara Profesional Untuk Meningkatkan Taraf Ekonomi Masyarakat Kalisari.” Sedangkan juara kedua dan ketiga diraih oleh tim mahasiswa asal Institut Pertanian Bogor dan tim mahasiswa asal Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Sebagai follow up dari kegiatan ini, para peserta leadership camp yang merupakan pemuda berprestasi ini dituntut untuk mengembangkan berbagai program pengembangan diri dan pemberdayaan masyarakat setelah camp berlangsung. Mereka yang telah memiliki latar belakang kepemimpinan dan keorganisasian yang sangat baik diharapkan dapat melanjutkan kegiatan-kegiatan yang memberikan kontribusi riil bagi masyarakat untuk pembangunan bangsa sesuai visi hidup yang telah mereka rencanakan. Para peserta diberi tantangan untuk menjalankan proposal program mereka di satu tahun ke depan, dan sebagai bentuk komitmen The New You Institute, disediakan beasiswa bagi mereka yg menjalankan program dengan cara dan hasil terbaik buat masyarakat dan diri mereka. SDA

SUKOHARJO – Minggu, 17 November. Koperasi Pemuda Indonesia Hebat atau KPIH mengadakan rapat membahas kelanjutan kolaborasi dengan Koperasi Desa Indonesia Hebat(KDIH) Luwang Sejahtera. Fokus pembicaraan adalah pada pengembangan usaha Abon Lele Luwang. KPIH yang diwakili oleh Williams Rahaditama menuturkan bahwa kedepan UKM Abon Lele harus mulai memproduksi abon lele dalam skala besar. Jika sebelumnya hanya 10 kg lele setiap produksinya, kali ini akan diuji coba 100 kg setiap produksi. Ini dikarenakan pemasaran abon lele juga akan diperluas. “Jika 10 kg lele hanya menghasilkan 4 kg abon atau 40 bungkus, ini hanya cukup untuk memasok 1 atau 2 toko saja.” ujar Willy.
Dari diskusi kedua belah pihak, bu lurah sebagai juru bicara UKM Abon lele menyampaikan sepakat dengan hal tersebut dan nantinya akan dibuat 5 pos untuk mempercepat produksi. Untuk melihat keuntungan pasti dilakukan kembali perhitungan untuk menentukan HET atau harga eceran tertinggi ditangan konsumen. Pasalnya harga Rp 15.000,- dipasaran seringkali dibandingkan dengan abon sapi yang berada dibawahnya. Konsumen menganggap harga itu cukup mahal mengingat bahan baku lele yang lebih murah dari sapi. Padahal jika ditelusur abon yang beredar dipasaran tidak semua murni daging, banyak yang ditambah dengan sukun atau kentang. Berbeda halnya dengan abon lele Luwang yang murni daging lele tanpa campuran. “Kita harus memilih lele dengan berat minimal setengah kg per ekor atau maksimal 1,25 kg per ekor. Karena hanya lele dengan kualitas dan jenis ini yang dapat diolah, Kita tidak mengambil kulit, apalagi tulang dan kepala, semuanya murni daging.” jelas bu lurah. Mengakhiri sesi kali ini ditutup dengan makan bersama dengan menu gule kepala ikan lele masakan bu lurah. sn

 

Sukoharjo– Rabu 11 Desmber 2013 sekitar pukul 2 siang, Balai Desa Luwang tampak ramai oleh Bapak-Bapak dan Ibu-ibu. Sebagian besar dari mereka adalah anggota KDIH Luwang  Sejahtera yang mengagendakan RAT KDIH tahun 2013. Nampak pula beberapa jajaran perangkat desa mulai dari RT, RW, hingga Pak Carik. Lurah Luwang yang saat itu berhalangan hadir mewakilkan Ibu Lurah yang sekaligus promotor dan pengawas KDIH Luwang untuk ikut serta menghadiri momen penting bagi koperasi tahun ini.

Rapat dibuka dengan sambutan dari Bapak Catur selaku Pak Carik, dilanjutkan koordinator SMIH cabang Sukoharjo, Aisyah Senja. Acara inti yaitu berupa pemaparan kondisi pra dan pasca DHM-SMIH datang, pengembangan UKM abon lele, strategi dan bentuk kerjasama KPIH, KDIH, SMIH, PT DGI, NSE serta prospek UKM emping melinjo dan karak lele dipaparkan langsung oleh ketua II bidang program kerja SMIH Williams Rahaditama. Selanjutnya dipaparkan pula beberapa hal pokok dalam AD-ART seperti pola aturan baru dalam undang-udang koperasi seperti SMK dan simpanan pokok oleh Rahmat B.W selaku PJ microfinance SMIH.

Puncak acara dimeriahkan dengan peresmian logo dan kemasan baru abon lele Luwang. Anggota sangat appresiatif dengan kemasan baru ini, dari yang semula tidak ada P-IRT, logo masih menggunakan logo UKM mawar dan hanya dicetak print, warna polos dan plastik bening. Sekarang telah berubah dengan kemasan aluminium voil, dengan stiker penuh dan sablon, lengkap dengan P-IRT dan logo halal. Willy menjelaskan dengan tampilan baru ini NSE akan lebih percaya diri dalam menjual kualitas abon yang sejatinya benar-benar premium. Harapannya abon lele ini kedepan akan menjadi produk andalan asli desa Luwang. Menyusul produk lainnya yaitu emping melinjo dan karak lele. SN